Berita dan Hiburan Terkini

Penduduk Bumi di Teror Hujan Meteor

Share on :
Tapis Berseri - Fenomena alam hujan meteor bisa terjadi setiap tahun. Tahun ini, dinamakan hujan meteor Draconid yang kabarnya menghiasi langit Amerika Serikat pada 7 Oktober 2013. Apakah hujan meteor ini berbahaya?

Dilansir Softpedia, Senin (7/10/2013), astronom mengatakan, ada kesempatan besar bahwa meteor ini bisa terlihat pada 8 Oktober 2013. Meteor ini diharapkan akan menampakan diri di langit Kanada, Eropa dan Asia Utara.

Seperti diketahui peristiwa 15 Februari 2013, di mana meteor sempat meluncur di langit Rusia dan mencederai ribuan penduduk setempat. Membuat luka-luka, sebab meteor tersebut meledak dan mengeluarkan gelombang kejut yang menghempaskan serpihan kaca bangunan.

Belum diketahui apakah hujan meteor ini akan berbahaya. Namun, seperti yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya, umumnya tidak ditemukan kabar yang menyebut hujan meteor bisa mengancam nyawa makhluk hidup Bumi.

Bila dibandingkan dengan hujan meteor lain, Draconid dinilai bukan hujan meteor yang mengesankan. Astronom mengatakan, hujan meteor ini kabarnya bisa terlihat setiap jam pada malam 7 Oktober 2013. Sementara keesokan harinya, penampakan hujan meteor ini perlahan berkurang.

EarthSky mengungkapkan, hujan meteor ini diprediksi terlihat di malam hari sebelum matahari terbenam dan bukan terlihat sebelum fajar. Draconid diambil dari nama konstelasi Draco the Dragon.

Astronom menjelaskan, hujan meteor terjadi ketika orbit Bumi melintasi komet bernama Giacobini-Zinner. Dengan demikian, meteor Draconid sesungguhnya adalah puing-puing yang ditinggalkan oleh komet ini yang memasuki atmosfer Bumi, memanas dan terbakar.

Sehingga umumnya, puing-puing tersebut memiliki ukuran diameter kecil dan saat terbakar di angkasa, menghasilkan kilatan cahaya khas.

0 komentar on Penduduk Bumi di Teror Hujan Meteor :

Post a Comment and Don't Spam!

 

Artikel Terbaru

Arsip Blog