Berita dan Hiburan Terkini

Besok, Master Soal TES Penerimaan CPNS Dibuka

Share on :
Tapis Berseri - Pelaksanaan ujian tulis atau tes kompetensi dasar (TKD) rekrutmen CPNS baru semakin dekat. Jadwal resmi yang dikeluarkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) menyebutkan TKD dilaksanakan pada 3 November mendatang.

Menpan-RB Azwar Abubakar menuturkan, seluruh peserta ujian CPNS tidak boleh meremehkan soal yang akan diujikan. ’’Khusus bagi pelamar kelompok tenaga honorer kategori dua (K2) juga diminta tak meremehkan,” katanya.

Azwar menuturkan, scoring atau penilaian hasil ujian pelamar honorer itu tetap dari soal ujian yang dikerjakan. Bukan dari lama mereka mengabdi sebagai tenaga honorer.

Saat ini, Kemenpan-RB memperkirakan jumlah tenaga honorer K2 di seluruh instansi mencapai 500 ribu orang. Tetapi untuk tahun ini, kuota pengangkatannya hanya sekitar sepertiganya atau 150 ribu formasi.

Azwar berharap tenaga honorer mempersiapkan diri menghadapi ujian sejak dini. Dia mengatakan, pengalaman tahun lalu banyak sekali soal ujian yang mengecoh peserta ujian. Sehingga para peserta ujian TKD mendapatkan nilai di bawah passing grade atau ambang batas kelulusan.

Materi ujian tulis TKD yang akan diujikan terdiri wawasan kebangsaan, inteligensia umum, dan karakteristik pribadi.

Saat ini muncul tudingan bahwa pemerintah sengaja mempersulit pengangkatan tenaga honorer K2. Pengangkatan ini berbeda jauh dengan tenaga honorer kategori satu (K1) yang diangkat langsung menjadi CPNS tanpa tes. Namun, Azwar menampiknya. Dia menyebut skema pengangkatan honorer K2 dengan ujian tulis ini sudah seadil-adilnya.

’’Siapa yang berhak ya diangkat menjadi CPNS. Tetapi yang tidak, ya tidak diangkat,” katanya. Keputusan pengangkatan melalui ujian tulis itu diambil karena jumlah tenaga honorer K2 sangat banyak. Kondisi itu terjadi karena instansi selama ini seenaknya merekrut pegawai tanpa melalui prosedur rekrutmen CPNS resmi.

Di bagian lain, setelah menunggu lama, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lampung akhirnya mendapat kepastian untuk menggandakan master soal buat para peserta tes.

Kepala BKD Lampung Syarif Anwar menuturkan, sore ini tim dari Lembaga Sandi Negara datang ke Lampung. Selanjutnya, besok (17/10), tim menuju Bank Mandiri cabang W.R. Supratman, Telukbetung, tempat master soal tersimpan.

Sebelum menjemput master soal, ujar Syarif, tim akan brifing dahulu di ruang rapat Sekretaris Provinsi Lampung Berlian Tihang. Brifing tersebut akan diikuti tim gabungan Pemprov Lampung yang selama ini mengawal jalannya proses perekrutan CPNSD. Seperti perwakilan Polda Lampung, Satpol PP, Inspektorat, BPKP, hingga Ombudsman.

’’Brifingnya saya rasa tidak lama. Sebab, kita beserta tim Lembaga Sandi Negara akan langsung membawa master soal ke percetakan. Di mana, master soal tidak bisa dibuka kalau bukan oleh Lembaga Sandi Negara,” terang Syarif kemarin.

Dilanjutkan, meski soal sudah akan dicetak, BKD belum dapat memastikan berapa jumlah lembaran yang akan tercetak. Pasalnya hingga kemarin, BKD belum dapat menutup batas verifikasi berkas lamaran yang ada. Menurut Syarif, data total pelamar secara final baru diketahui pada 18 Oktober.

’’Ya, 18 Oktober adalah batas waktu terakhir yang diberikan kepada BKD kabupaten/kota dalam mengumpulkan verifikasi data final ke BKD provinsi,” ujarnya yang juga menerangkan untuk LJK sendiri akan didistribusikan pemerintah pusat dalam rentang 20-25 Oktober.

0 komentar on Besok, Master Soal TES Penerimaan CPNS Dibuka :

Post a Comment and Don't Spam!

 

Artikel Terbaru

Arsip Blog